Senin, 25 November 2019

Ternyata Hipnotis Bermanfaat Untuk Medis

Ilmu hipnotis ternyata dapat dimanfaatkan untuk pengobatan pasien, terutama pada pasien yang mengalami gangguan kecemasan pada saat menjelang dioperasi. Dokter Lalu Fikri Hamzi sebagai direktur Rumah Sakit Umum Provinsi Nusa Tenggara Barat menjelaskan, dirinya mempunyai pengalaman menggunakan kemampuan hipnotis ketika akan melakukan operasi jantung.



“Saat itu pasien tidak mempan dengan obat dibius, akhirnya setelah berkonsultasi dengan dokter spesialis lainnya, saya menggunakan hipnotis agar pasien tersebut bisa tertidur," ungkar dr Fikri. Hal tersebut diceritakan pada sebuah acara pelantikan pengurus Perkumpulan Komunitas Hipnotis Indonesia (PKHI) di Nusa Tenggara Barat (NTB).

Sosok laki-laki yang juga merangkap jabatan sebagai Ketua PKHI NTB tersebut, menjelaskan hipnotis merupakan cabang ilmu dari psikologi yang mempelajari pengaruh sugesti terhadap pikiran manusia.

"Dalam jurnal Eropa, hipnotis disebut juga 'hypnosis' atau 'hypnotism'. Dan ilmu ini merupakan sebuah ilmiah dan siapa saja bisa mempelajari,"  ungkap dr Fikri.

Ia juga menambahkan, hipnotis ssekarang ini sudah banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia untuk berbagai keperluan, seperti hipnoterapi (penyembuhan), hypno parenting (pola asuh orang tua) dan stage hypnosis (hiburan seperti di televisi).

Dengan memanfaatkan Medical hypnosis, lanjut Fikri, seorang pasien dapat diarahkan oleh ahlinya untuk menuju gelombang Theta.Dalam kondisi Theta, pasien tersebut hanya dapat merespon aktivitas dari pikiran bawah sadar saja. Jika diukur menggunakan alat electro encephalogram, maka frekuensi gelombang otak kira-kira 4-8 hz.  Setelah saya belajar banyak ilmu hipnotis, ternyata luar biasa dampaknya, ucap Fikri seraya menegaskan bahwa kemampuan hipnotis tidak selalu identik dengan klenik atau kriminal.

Menurut Fikri pemanfaatan ilmu hipnotis tak diragukan lagi karena sudah ada naungannya yang bernama PKHI dengan legalitas SK Kemenkum HAM RI No. AHU-OO753.60.10.2014 tanggal 25 November 2014 mengenai Pengesahan Pendirian Badan Hukum Perkumpulan Komunitas Hipnotis Indonesia. Legalitas tersebut merupakan payung hukum untuk praktisi hipnotis dalam menjalankan profesinya baik dalam hal kesehatan ataupun mengenai hal lainnya yang bermanfaat bagi masyarakat umum.

Ilmu hipnootis yang digunakan secara profesional tentunya dapat mengahsilkan pundi-pundi uang karena telah berpayung hukum yang resmi.

Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat PKHI Ir Afifi Arka, CHt, CI, menjelaskan adanya prosentase 70% dari total 23 Ketua DPW PKHI yang tersebar di 23 provinsi yang ada di Indonesia berasal dari golongan kedokteran yang juga menjabat menjadi direktur rumah sakit.  "Prosentase sebesar 35% dari seribuan anggota PKHI yang ada di Indonesia, berasal dari kalangan dokter," tandas dr Fikri.

Related Posts

Ternyata Hipnotis Bermanfaat Untuk Medis
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.