Minggu, 08 Desember 2019

Bunga Raflesia di Kebun Raya Bogor Kembali Mekar

Mungkin selama ini kita lebih akrab dengan Raffl esia arnoldii yang tatkala sedang mekar selalu mendapat pemberitaan luas itu. Nah, Raffl esia patma ini berbeda. Meski karakteristiknya sama dengan sepupunya yang selebritas itu, si patma ukurannya lebih kecil. Koleksi ini merupakan satusatunya di dunia yang berhasil dibungakan di luar habitat aslinya dengan menggunakan teknik grafting atau penyambungan. Teknik ini berbeda dengan yang pernah dilakukan peneliti Belanda yang langsung memindahkan tanaman Raffl esia rochusenii ke kebun penelitian di kawasan Gunung Gede pada 1929 silam.



Peneliti LIPI, Sofi Mursi da wati M.Sc., menggunakan teknik grafting. Caranya dengan menyam bung akar tanaman inang merambat, Tetrasigma leucostaphyllum yang telah terinfeksi oleh biji raffle sia dengan tanaman inang di Kebun Raya pada 2004. Teknik ini tidak menimbulkan kerusakan yang berarti pada lingkungan habitat aslinya. Koleksi Kebun Raya Bogor ini mulai mekar pada 4 September 2018, pukul 07.00, hingga mekar sempurna pada pukul 17.00. Diameternya 35 cm dengan enam kelopak dan berjenis kelamin jantan. Ini adalah bunga kesebelas yang berhasil mekar sejak pertama kali dibiakkan, 14 tahun silam. Kali ini prosesnya cepat, kurang dari 10 jam. Dulu, saya selalu berkemah di kebun menunggui rafflesia mekar, sebab prosesnya bisa dua hari dua malam, kata Sofi.

Sementara proses tumbuhnya bunga mulai dari bibit sampai menjadi bunga butuh satu setengah sampai dua tahun. “Bahkan bunga rafflesia yang mekar pada 2010 perlu enam tahun. Lantaran mengeluarkan bau busuk, masyarakat kerap keliru menyamakannya dengan bunga bangkai Amorphopallus titanium. Kedua tumbuhan ini samasama memanfaatkan lalat dalam proses penyerbukan, sehingga mereka melakukan kamuflase menyerupai bangkai. Caranya dengan mengeluarkan aroma busuk dan hawa panas agar lalat datang menghampiri. Bunga bangkai itu jenis talas-talasan, bukan rafflesia, terang Sofi. Selain itu, perbedaan lain, bunga rafflesia adalah tumbuhan parasit sejati yang tak memiliki daun, batang dan akar.

Sedangkan bunga bangkai adalah tumbuhan seutuhnya yang berkembang dari umbi. Bunga patma raksasa hanya tumbuh di Asia Tenggara dan terdiri atas 20-an spesies dengan beragam ukuran, mulai dari yang terkecil berdiameter 20 cm sampai terbesar berdiameter lebih dari satu meter. Lantaran merupakan tanaman langka, masyarakat umumnya mengenal bunga raksasa ini hanya melalui foto dan gambar. Jenis paling populer adalah Raffl esia arnoldii yang kebetulan ukurannya juga paling besar.

Related Posts

Bunga Raflesia di Kebun Raya Bogor Kembali Mekar
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.