Rabu, 12 Februari 2020

5 Fungsi Dinding Sel Pada Tumbuhan


Ini lah perbedaan besar antara sel tumbuhan dan sel hewan. Dimana sel tumbuhan memiliki dinding sel sementara sel hewan tidak punya.



Dan dinding sel pula yang membuat para tumbuhan tidak bisa bergerak layaknya binatang. Tapi keuntungannya, dinding sel yang keras dapat membantu tumbuhan tetap hidup dan terlindungi dari bahaya kendati mereka tidak bisa lari dari bahaya itu.

Di samping itu, dinding sel terbentuk dari komposisi bahan yang sangat banyak.
Ia terbentuk oleh polimer karbohidrat, protein struktural, AGP, GRP, PRPs, berbagai jenis enzim, dan masih banyak lagi tergantung jenis-jenis tanamannya.

Dinding sel memiliki peran yang besar untuk tumbuhan. Lalu apa saja fungsi dinding sel pada tumbuhan? Berikut adalah daftarnya.

  1. Menciptakan kekuatan sel yang kokoh

Fungsi ini terbentuk oleh perpaduan selulosa yang di dalamnya terdapat ribuan molekul D-glukosa, yang terikat dengan hidrogen sehingga menghasilkan tekstur sel yang kaku dan kokoh. Kondisi itu menbantu tumbuhan dapat berdiri tegak meskipun sel tumbuhan tidak punya kerangka tulang seperti yang dimiliki hewan atau manusia.

  1. Tempat lalu lintas zat-zat pada tumbuhan

Dengan bantuan dinding sel, tumbuhan bisa melakukan pertukaran zat seperti keluar masuknya protein, molekul kecil dari dalam dan keluar sel, pendistribusian karbondioksida dan air ke seluruh bagian tumbuhan dan lalu lintas zat-zat penting lainnya.
Intinya, fungsi dinding sel ini dapat memelihara homeostasis di dalam sel.

  1. Sebagai pelindung

Dinding sel ini sangat kuat dan kokoh, tapi hanya untuk beberapa jenis tumbuhan saja yang mendapatkan dinding sel yang kokoh seperti kayu. Untuk jenis rerumputan tidak mendapatkan fungsi satu ini.

Dengan keberadaan dinding sel, tumbuhan yang tidak bisa bergerak pun tetap terlindungi karena kekokohan dinding sel tersebut.

  1. Menyimpan karbohidrat

Dia bisa menyimpan karbohidrat serta membuat cadangan karbohidrat di sana. Cadangan itu dapat dimanfaatkan untuk menghadapi berbagai keadaan mengerikan atau digunakan untuk proses metabolik lainnya.

  1. Mengontrol tekanan turgor

Meskipun dinding sel tumbuhan dapat memberikan kekuatan dan kekohon pada sel tumbuhan, tapi yang paling penting adalah tentang keseimbangan tekanan dan kekakuan. Bila tekanannya terlalu kuat, itu dapat memecah sel tersebut. Sementara jika tekanannya terlalu lemah, bisa membuat sel menjadi lembek.

Fungsi dinding sel di sini nantinya dapat mengontrol tekanan tesebut supaya tidak berlebihan dan kurang.

Related Posts

5 Fungsi Dinding Sel Pada Tumbuhan
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.