Sabtu, 07 Maret 2020

5 Bahaya Olahraga Berlebihan


Olahraga memang sangat penting bagi kesehatan tubuh manusia dan disarankan rutin dalam setiap hari meskipun hanya 15 menit saja. Namun, olahraga yang berlebihan justru akan berdampak negatif bagi tubuh. Ada berita terbaru terkait efek samping olahraga berlebihan yang bisa dipahami dan sebaiknya berolahraga sesuai dengan kondisi tubuh.



Efek Samping Olahraga Berlebihan


1. Pembengkakan Sendi

Siapa yang menyangka, olahraga berlebihan justru akan berdampak pada kondisi sendi manusia. Seseorang yang terlalu berlebihan dalam berolahraga, terlebih menjalankan olahraga berat seiring berjalannya waktu akan mengalami pembengkakan sendi. Kondisi tersebut karena sendi tubuh bekerja terlalu keras dan tidak diistirahatkan dengan baik.

2. Sistem Imun Melemah

Berita terbaru terkait olahraga yang berlebihan dapat menyebabkan sistem imun menjadi lemah. Kondisi tersebut karena tubuh umumnya akan memulihkan diri ketika tidur malam hari. Namun pada beberapa orang yang berolahraga berlebihan membuatnya menjadi kesulitan tidur di malam hari. Akibatnya proses pemulihan menjadi lambat dan sistem imun menjadi menurun.

3. Bahaya Untuk Jantung

Meskipun berolahraga baik untuk menjaga kondisi jantung, namun jika dilakukan secara berlebihan justru menimbulkan efek yang buruk. Seseorang bisa saja mengalami serangan jantung dadakan jika melakukan olahraga berlebihan. Terlebih bagi seseorang yang memiliki riwayat jantung dari keluarga ataupun pernah mengalami serangan jantung.

4. Ketegangan Otot

Apabila setelah berolahraga tidak melakukan pendinginan yang baik, bisa saja otot tubuh menjadi tegang. Kondisi tersebut harus segera diatasi karena apabila tidak, maka akan berdampak buruk bagi tubuh. Tubuh menjadi kaku, sulit digerakkan atau bahkan mengalami cidera otot.

5. Punggung Menjadi Sakit

Pada beberapa jenis olahraga seperti angkat beban, sit up dan sejenisnya dapat memberikan efek samping punggung menjadi sakit. Memang olahraga tersebut dapat membentuk tubuh menjadi lebih baik, namun tidak disarankan berlebihan dalam setiap harinya. Lakukan olahraga sewajarnya dan disesuaikan dengan kondisi tubuh masing-masing

Bagi yang ingin mendapatkan informasi berita Indonesia terbaru, terupdate dan terpercaya dapat mengunjungi portal berita Haluan.co. Ada beragam informasi yang dapat diakses, mulai dari berita politik, ekonomi, travel, sejarah dan lain sebagainya.

Related Posts

5 Bahaya Olahraga Berlebihan
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.