Kamis, 16 Juli 2020

Kampanye Digital? Seberapa Pentingnya bagi Bisnis Anda?



Punya bisnis tapi tidak dipromosikan? Sama saja Anda tidak ingin orang lain tahu tentang usaha Anda. Tapi terus-terusan iklan berlebihan justru membuat orang jadi tidak nyaman dan menganggap Anda terlalu banyak membual. Lalu bagaimana sebenarnya trik promosi yang tepat? Sambil menjalankan bisnis, Anda tetap harus belajar cara kampanye digital ala Panuwun.com.

Mengenal Kampanye Digital


Pada dasarnya kampanye digital adalah sebuah prosedur untuk melakukan pemasaran produk/jasa. Kampanye digital harus melalui proses perencanaan, pelaksanaan, pengukuran, hingga peningkatan jumlah nilai sebuah jasa/produk yang Anda jual. Tindakan ini bervariasi tergantung tujuan apa yang ingin dicapai oleh pemilik bisnis.

Nah, kampanye digital tentu saja berbeda dengan kampanye zaman dulu. Jika dulu kita biasa mengenal media promosi seperti brosur, majalah, koran, flyer, dan lain sebagainya, sekarang sudah berubah. Ada banyak media digital yang bisa dimanfaatkan untuk menginformasikan produk kepada calon konsumennya, misalnya seperti:


  1. Media sosial (Facebook, Instagram, Line, dan lain-lain). 
  2. Youtube
  3. Website
  4. Platform online
  5. Marketplace, dan lain-lain. 


Mengapa Kampanye Digital Penting?


Dunia digital kini sudah merambah dalam setiap lini kehidupan. Masyarakat sudah erat sekali dengan ponsel pintar mereka. Karena itu pula banyak pelaku bisnis yang beralih menggunakan media digital sebagai platform marketing. Selain itu, promosi digital juga dinilai lebih mudah, efisien, praktis, dan murah dibanding media konvensional lainnya.

Mengapa kampanye digital itu penting? Panuwun.com mengatakan bahwa perubahan dunia juga bisa jadi celah untuk Anda memasarkan produk/jasa. Kita harus terus bergerak seiring dengan tren yang berkembang luas di tengah masyarakat. Uniknya, digital marketing ini bisa berjalan 2 arah. Marketing bukan lagi komunikasi antara penjual ke pembeli.

Tapi kini konsumen pun bisa memberikan feedback yang sangat berguna bagi pengembangan produk/jasa dari pebisnis. Hal inilah yang membuat kampanye digital begitu strategis untuk dunia bisnis. Anda bisa tahu bagaimana respon masyarakat terhadap produk/jasa dalam waktu singkat, tapi mengeluarkan biaya yang lebih hemat.

Tujuan Kampanye Digital



  1. Memenuhi target pemasaran yang meliputi perhatian, daya tarik, keinginan, dan aksi dari konsumen untuk membeli produk. 
  2. Menciptakan marketing funnels (konsumen yang awalnya tidak tahu bisa berangsur-angsur mengenal dan bahkan membeli produk). 
  3. Membuat brand yang lebih menarik minat calon konsumen. 
  4. Mengarahkan audiens di platform digital untuk mengenal produk Anda. 
  5. Memastikan target membeli produk. 
  6. Menciptakan loyalty/kepuasan pelanggan. 


Ternyata kampanye marketing bukan hanya asal posting di media sosial. Ada trik khusus yang harus dilakukan pebisnis. Anda tertarik untuk belajar lebih dalam tentang kampanye marketing ini? Klik panuwun.com untuk informasi lebih lengkapnya.

Related Posts

Kampanye Digital? Seberapa Pentingnya bagi Bisnis Anda?
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.