Selasa, 08 September 2020

Bima Falling Weight Deflectometer, Alat Pengukur Kualitas Jalan Beraspal



Sistem ini biasa digunakan oleh para insinyur sipil dan menyediakan pengujian yang cepat, dinamis, dan tidak merusak. Teknologi ini memuat sistem dengan defleksi akurasi tinggi pada permukaan yang sedang diuji. Menggunakan 7 sensor, alat ini mampu mengukur defleksi beban pulse 30-40 ms. Pengukuran defleksi dinamis permukaan adalah cara paling praktis yang paling umum dilakukan untuk menganalisis performa struktural, mengevaluasi umur layanan, dan mengidentifikasi area yang perlu diperbaiki.

Ini akan membantu auditor untuk menerima dan mengevaluasi hasil proyek jalan dan preservasi pada saat serah terima. Bila dibandingkan dengan menggunakan metode desain berbasis mekanik yang biasa dipakai selama ini, para civil engineer akan mendapatkan hasil yang jauh lebih baik dan akurat. BIMA FWD adalah trailer yang dipasang yang sudah dilengkapi dengan sistem pemuatan, 7 geophone, (seismometer), sistem terintegrasi, dan sistem kontrol manual. Sebuah load cell dipasang untuk mendeteksi jangkauan lokal hingga 150 KN, dan 2 sensor suhu yang menyediakan suhu ambi­ ent dan ground. BIMA FWD merupakan desain terbaru untuk trailer FWD. Dengan 4 roda (gandar ganda) dan sistem suspensi yang baik, sensor beban dan sensor lainnya akan diamankan pada perangkat. Tersedia mekanisme penguncian keselamatan untuk beban yang dapat dibuka secara manual atau otomatis.

Sistem pengereman otomatis membuat trailer lebih nyaman ketika bergerak ditarik oleh mobil. Alat ini juga memiliki sistem kelistrikan yang andal untuk seluruh operasi dan lampu peringatan keselamatan di belakang trailer.

Sistem Kontrol Bima FWD

Bima FWD sudah dilengkapi dengan komputer laptop di kabin truk untuk mengontrol proses pengujian dengan menggunakan perangkat lunak yang sudah tgersedia. Dengan memanfaatkan perangkat lunak ini, operator dapat mengontrol jumlah gaya beban, jumlah tetesan, ukuran pelat dan variabel pengujian lainnya. Pengukuran kualitas jalan dilakukan setelah selesai pengerjaan dan sebelum dilakukan perbaikan untuk mengetahui data awal apakah jalan itu baik atau tidak. Berdasarkan hasil pengukuran itu akan keluar angka-angka secara otomatis. Misalnya, di kilometer berapa terdapat lekukan yang tidak baik.

Untuk mengetahui letak, titik atau koordinatnya dilacak menggunakan GPS. Di titik itu akan diberitahu secara jelas berapa lekukannya. Alat ini bekerja dengan ditarik oleh mobil karena sudah ada pengaitnya. Di mobil terdapat laptop yang sudah terhubung ke semua sensor, sehingga hasil pengukurannya bisa langsung dilihat. Pemeriksaan di lab bisa memberikan gambaran apakah lekukannya normal atau tidak. Dari situ kita bisa membuat pemetaan mana jalan yang berbahaya dan mana yang sesuai standar. 

Semua hasil itu dilaporkan secara otomatis dan lebih cepat dari cara konvensional, kata Irsan. Bima FWD sudah beredar di pasar Indonesia bahkan Timor Leste setelah melakukan eksport beberapa waktu silam. Ingin menyewa 

alat ini tidak sulit, perusahaan Indoreadymix mempunyai beberapa unit yang dapat anda sewa setiap saat.

Related Posts

Bima Falling Weight Deflectometer, Alat Pengukur Kualitas Jalan Beraspal
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.