Rabu, 21 Oktober 2020

Langkah Mudah Menjadi Dropship Tokopedia

Langkah Mudah Menjadi Dropship Tokopedia



Dibandingkan dengan membuka toko fisik yang membutuhkan modal besar, toko online lebih banyak diminati karena minim modal dan ideal untuk para pebisnis pemula. Selain toko online independen, kamu juga bisa membuka toko online di marketplace seperti Tokopedia. Buat kamu yang belum tahu bagaimana caranya, berikut informasi lengkapnya:

Cara Menjadi Dropship Tokopedia

Jika belum bisa menciptakan produk sendiri untuk dijual, kamu bisa mencoba memasarkan produk dari supplier (olshop lain di Tokopedia), yang biasa disebut sebagai dropshipper. Caranya cukup mudah, yaitu:

1.     Pilih Produk

Langkah pertama adalah pilih produk yang akan kamu jual. Agar cepat laku, jangan memilih produk musiman (dekorasi Natal, baju lebaran, jas hujan, dll). Pilihlah produk sepanjang tahun seperti kue ulang tahun, pakaian sehari-hari, handuk, makeup, dsb. Hindari menjual produk yang beresiko rusak saat pengiriman, seperti cermin, piring, gelas, dll.

2.     Fokus pada Satu Jenis Produk

Jika kamu adalah pemula, sebaiknya fokus dulu pada satu jenis produk, misalnya casing hp saja atau baju anak-anak saja. Maksimalkan dulu pemasaran pada satu jenis produk ini, sekaligus buat masyarakat mengenal tokomu.

3.     Registrasi Akun dan Buka Toko

Jika belum memiliki akun Tokped, kamu harus registrasi terlebih dulu. Jika sudah, isi informasi toko yang meliputi nama toko, deskripsi toko, aturan pembelian, mungkin juga jam kerja, serta metode pengiriman dan pembayaran.

4.     Pilih Supplier

Carilah olshop dengan rating tinggi yang menerima dropship dan sesuai dengan produk yang akan kamu jual. Bacalah review pelanggan di toko tersebut dan ajaklah pihak toko untuk berkomunikasi. Mulailah dengan menanyakan sistem dropshipnya dan cari tahu seperti apa karakter owner/admin dari toko tersebut, apakah ramah dan baik, atau justru ribet dan keras kepala.

Usahakan untuk mencari supplier yang lokasinya dengan Kamu, menawarkan harga paling murah, dan ada garansi pengembalian barang jika barang yang dikirim rusak, cacat, atau salah kirim.

5.     Isi Toko

Setelah deal dengan supplier dan membuat akun toko, sekarang saatnya mengisi toko dengan foto dan deskripsi produk yang akan dijual. Caranya cukup dengan klik tulisan "Tambahkan produk", isi informasi produk, lalu klik "Simpan".


Sebagai salah satu marketplace lama yang sudah ada sejak 2009, Tokopedia adalah marketplace terbesar dan terpercaya yang cocok untuk memulai toko online. Tak hanya minim modal, dropship online juga memungkinkan kamu untuk bekerja dari mana saja kapan saja.

Related Posts

Langkah Mudah Menjadi Dropship Tokopedia
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.