Minggu, 27 Desember 2020

Penjelasan Rumus Slovin Beserta Contohnya

Mengetahui sebuah rumus tanpa mengetahui contoh soalnya dirasa kurang afdol dalam pengertiannya. Rumus slovin beserta contohnya dianggap penting juga dalam mempelajari lebih dalam tentangnya. Hanya memiliki satu jenis rumus tetapi ada beberapa metode perhitungan berbeda, sesuai soalnya.

Beberapa Gambaran Soal dari Rumus Slovin Beserta Contohnya

Pada dasarnya karena sebuah rumus merupakan ilmu pasti, perhitungannya akan didasarkan oleh beberapa hasil sampel atau dalam sebuah soal berdasarkan angka diketahuinya. Karena dari acuan angka tersebut menentukan penyelesaian rumusnya lebih mudah. Berikut beberapa contohnya.


1.     Contoh Soal diketahui Taraf Signifikansi

Seorang CEO akan melakukan penelitian pada beberapa karyawannya berjumlah 1.000 orang, dengan taraf signifikansinya sebesar 0,05 dalam sebuah perusahaan. Hitung lah berapa jumlah besarnya sampel menggunakan rumus slovin yang tepat dan juga benar.

Jawaban :

Rumus Slovin :   n = N (1 + Ne2)

1.000 = (1 + 1.000 x 0,05 x 0,05)  = 286 Karyawan

Keterangan dari rumus slovin di atas adalah n = jumlah sampel, N = jumlah seluruh populasi, dan e = Toleransi Error. Adanya taraf keyakinan dan juga toleransi eror menjadi sebuah unsur yang harus diperhatikan sebelum memulai perhitungan menggunakan rumus tersebut.


2.     Contoh Soal diketahui Toleransi Kesalahannya

Seorang asisten manajer ditugaskan oleh Manajernya untuk melakukan penelitian pada perusahaan swasta, tentang pengaruh pemberian tunjangan transportasi terhadap kinerja karyawan di perusahaan tersebut. Jumlah karyawannya adalah 1.000 orang.

Untuk menghemat waktu serta biaya agar lebih efisien, asisten tersebut menggunakan perhitungan sampel berdasarkan rumus slovin, dengan besar toleransi kesalahan adalah 10%. Ketepatan perhitungannya akan menggunakan rumus yang sama tetapi berbeda proses penyelesaiannya.

Jawaban :

n = N (1 + Ne2)

 รจ Digenapkan jadi hasil akhirnya 91 karyawan

Rumus slovin beserta contohnya diharapkan bisa menjadi pelajaran dan menambah info pembelajaran bagi masyarakat yang belum tahu mengenai perhitungan sampel populasi. Walaupun tidak bekerja dalam bidang tersebut, mengetahui dan juga membaca bukan sebuah kesalahan tetapi kecerdasan.

Related Posts

Penjelasan Rumus Slovin Beserta Contohnya
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.