Rabu, 10 November 2021

Fungsi Merek dalam Dunia Bisnis

 Jika ingin menjadi pebisnis sukses, maka penting untuk membangun branding agar bisa terus berkelanjutan dan long lasting. Karena jika hanya sekedar berdagang dan berjualan, tentu akan mudah tergerus arus zaman. Fungsi merek dalam bisnis erat kaitannya dengan strategi marketing.

Apa Saja Fungsi Merek?

Brand atau merek sebuah bisnis memiliki fungsi yang sangat penting dalam strategi bisnis. Merek biasanya mudah melekat di benak masyarakat dan jika merasa cocok, maka akan terus berlangganan. Maka penting untuk mematenkannya melalui kantor pendaftaran trademark Indonesia.

Lantas apa saja fungsi merek itu?

1.     Sebagai Tanda Pengenal

Fungsi utama merek dagang adalah sebagai tnada pengenal atas suatu produk atau perusahaan yang didirikan. Mereka dapat digunakan untuk mengidentifikasi produk barang maupun jasa dengan mudah. Mengingat pentingnya fungsi merek, maka terdapat aturan hukum yang melindunginya.

Jika suatu merek sudah dipatenkan pada produk lain, maka Anda tidak akan bisa mengambil atau menggunakan merek tersebut untuk bsinis atau usaha yang tengah dijalani. Jika hal tersebut terjadi, maka bisa dibawa hingga ke ranah hukum dan mendapatkan tuntutan.

2.     Strategi Promosi

Promosi dan iklan menjadi budget penting yang harus disiapkan oleh perusahaan. Dengan memiliki mere yang mudah diingat dan terdapat diferensiasi dibandingkan dengan produk lainnya yang beredar di pasaran. Semakin terkenal suatu  merek, maka semakin tinggi peluang untu menaikkan omzet penjualan.

3.     Menjamin Kualitas

Suatu barang atau jasa biasanya dikenal karena kualitasnya yang baik. Jika barang memiliki kualitas yang bagus, maka biasanya akan selalu terngiang di benak masyarakat. Sehingga merek atau brand tersebut akan lebih sering dipilih karena memang terkenal bagus dan berkualitas.

4.     Sebagai Daya Pembeda

Banyaknya produk yang beredar di pasaran dengan jenis yang sama, seringkali membuat masyarakat bingung. Bahkan terkadang desain dan komposisi bahannya pun sama. Sehingga untuk membedakan antara produk yang satu dengan lainnya, maka dibutuhkan merek dagang.

Fungsi merek tak lepas dari brand identity suatu produk terkait bagaimana pemilik bisnis mengenalkan produk di masyakarat. Sehingga penting untuk mematenkannya melalui jasa pendaftaran merek seperti Patendo.

Related Posts

Fungsi Merek dalam Dunia Bisnis
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.