Jumat, 21 Februari 2020

Fungsi Nukleus Pada Sel Tumbuhan


Nukelus merupakan inti sel yang menjadi tempat pusat informasi yang dapat menyimpan informasi genetik tumbuhan dan pengendalian kegiatan tumbuhan. Kegiatan ini meliputi pertumbuhan, pembelahan sel, metabolisme, dan sintesisi protein.



Nukleus memiliki fungsi yang sangat penting pada tumbuhan. Tumbuhan sangat membutuhkan Nukleus, tapi keberadaan sel ini terdapat hanya pada organisme tingkat lanjut atau dikenal sebagai Eukariota. Sementara oragnisme ber-sel satu atau Prokariota, contohnya adalah bakteri dan cyanobacteria tidak memiliki Nukleus atau inti sel ini.

Fungsi Sel Nukleus Pada Tumbuhan

Pada dasarnya, ada 2 fungsi utama Nukleus. Fungsi pertama sel tumbuhan ini adalah menyimpan berbagai bahan keturunan sel atau biasa disebut dengan DNA. Fungsi kedua adalah mengkoordinasi kegiatan sel.
Berikut adalah penjelasannya.

  1. Menyimpan Informasi DNA

Nukleus tak hanya dimiliki ole tumbuhan saja, makhluk hidup lain contohnya hewan juga punya inti sel. Dan dalam setiap Nukleus, terdapat yang namanya DNA. Dan DNA pada dasarnya adalah cetak biru sel. Ia mempunyai segala informasi yang dibutuhkan untuk membuat mereka berkembang. Selain itu, DNA memberikan informasi genetik yang diturunkan ke generasi satu dan generasi seterusnya.

  1. Mengkoordinasi Kegiatan Sel

Yang dimaksud dari kegiatan ini banyak sekali. Seperti metabolisme, pembelahan (reproduksi), pertumbuhan dan sintesis protein. Itu lah kenapa Nukleus disebut sebagai pusat kontrol sel.

Sintesis protein penting untuk Ribosom. Nukelus juga punya banyak protein lain yang berasosiasi dengan DNA agar tetap stabil dan terlindungi yang membentuk struktur kompartemen nuklir tetap utuh.

Ketika terjadi pembelahan (reproduksi), terjadi replikasi DNA. Ini lah yang membuat satu keturunan mempunyai kesamaan dengan generasi pendahulunya.

Fungsi Nukleus yang Lainnya

  1. Salah satu bagian dari Nukleus adalah Kromosom. Ia mempunyai fungsi menyimpan, mengekspresikan dan mentrasnfer informasi genetik dari satu generasi ke generasi lain
  2. Nukleus mengandung reseptor nuklir yang berguna untuk pengikatan hormon tiroid. Hormon-hormon lainnya lalu berinteraksi dengan DNA, hingga hasilnya terbentuklah sintesis protein
  3. Menghasilkan DNA dan RNA. DNA adalah bahan genetik, sementara RNA penting untuk sintesis protein
Di dalam Nukleus terdapat Nukleolus. Ia menjadi tempat sintesis ribosom RNA (rRNA). Karena hal itu lah, Nuleus dikenal sebagai pabrik RNA

Related Posts

Fungsi Nukleus Pada Sel Tumbuhan
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.