Minggu, 09 Mei 2021

Memahami Laporan Perusahaan dengan Mudah

Laporan keuangan merupakan salah satu komponen penting dalam perusahaan jika ingin financial-nya sehat sehingga perusahaan tetap bisa beroperasi. Oleh karena itu, bagi yang ingin terjun di dunia kerja penting untuk memahami laporan perusahaan melalui program Kampus Merdeka.

 


Belajar Manajemen Keuangan Bersama Kampus Merdeka

Ada banyak hal yang bisa dipelajari terkait manajemen keuangan perusahaan. Jika di bangku kuliah sudah sering mendapatkan teorinya, maka melalui Diklat Kerja akan diberikan pelatihan dari ahli di bidangnya secara khusus untuk mendapatkan bayangan di dunia riil kerja. Apa saja manfaatnya?

1.     Memantau Perkembangan Bisnis

Perlu disadari bersama bahwa jika suatu bisnis ingin berkembang dengan baik, maka harus tahu bagaimana kinerja keuangan perusahaan tersebut. Di sinilah peran laporan keuangan perusahaan sangat penting untuk menilai apakah keuangan perusahaan tersebut sehat atau tidak.

Selain itu, menurut Kampus Merdeka laporan keuangan juga dapat bermanfaat untuk memantau perkembangan bisnis karena di dalam perusahaan akan tercantum laporan laba rugi dan cashflow. Anda pun bisa dengan mudah mengetahui berapa banyak saldo yang tersisa dan berapa hutang yang harus dibayar.

2.     Mudah Dalam Menghitung Pajak

Sebagai warga negara yang baik, tentu penting untuk selalu taat pajak termasuk perusahaan. Laporan keuangan juga berfungsi untuk mengetahui besaran pajak yang harus dibayarkan ke negara agar tidak telat-telat dalam membayar pajak hingga akhirnya kena denda.

3.     Alat Pengambil Keputusan

Dalam mengambil suatu keputusan apalagi yang krusial untuk perusahaan, maka harus ada bahan pertimbangan utama yang harus diperhatikan. Laporan keuangan perusahaan memegang peranan penting sebagai alat untuk mengambil keputusan bagi pihak manajemen maupun pimpinan perusahaan.

Keputusan-keputusan yang diambil bisa berupa kenaikan gaji, pembelian peralatan atau perlengkapan kantor, perluasan cabang, penambahan tim karyawan, dan lain sebagainya. Jika tidak ada laporan keuangan yang benar, maka perusahaan akan kesulitan mengambil keputusan.

Dalam program pelatihan Kampus Merdeka yang diadakan oleh Diklat Kerja, belajar tentang manajemen keuangan lebih mudah dan menyenangkan. Anda bisa mempelajari banyak hal lainnya termasuk menghitung jumlah aset, memantau jumlah hutang, mengontrol biaya, dan lainnya.

Related Posts

Memahami Laporan Perusahaan dengan Mudah
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.