Selasa, 05 April 2022

Cara Mengatasi Kartu ATM Hilang

Kartu ATM adalah alat yang sangat penting untuk mengambil uang di mesin ATM. Jika kartu ATM sampai hilang atau dicuri, lalu si pencuri mengetahui nomor PIN kita, tentu isi saldo di dalamnya bisa raib terkuras. Untuk itu, cara mengatasi kartu ATM hilang harus segera dilakukan.

Cara Mengatasi Kartu ATM Hilang

Ada beberapa tahapan yang harus dilakukan nasabah saat mendapati kartu ATM-nya hilang. Nantinya, pihak Bank akan membantu agar berbagai upaya kejahatan bisa dihindari dari penggunaan kartu ATM yang hilang tersebut. Berikut pembahasan dari rkonline.id untuk mengatasi kartu ATM yang hilang:

1.     Hubungi Call Center dan Blokir Kartu ATM

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah menghubungi Call Center dari penerbit kartu ATM. Informasikan bahwa Anda mengalami kehilangan kartu ATM dan berniat memblokir akses kartu tersebut ke rekening Anda. Informasikan juga nomor rekening dan nama yang tertera di dalam kartu tersebut.

Lakukan hal ini dengan segera agar pencuri atau pihak yang menemukan kartu tidak bisa lagi mengakses rekening Anda menggunakan kartu tersebut.

2.     Membuat Laporan Kehilangan di Kantor Polisi

Untuk membuat kartu ATM baru, beberapa bank mensyaratkan adanya surat kehilangan dari kepolisian. Untuk itu, silakan kunjungi kantor polisi terdekat dan buat laporan kehilangan kartu ATM yang baru saja Anda alami. Jangan lupa membawa KTP dan juga buku tabungan sebagai berkas pendukung.

Usahakan mengurus sendiri hal ini agar proses klarifikasi bisa lebih mudah karena Anda tahu kronologis kehilangannya. Jika memang harus diwakilkan, buat terlebih dahulu surat kuasa yang sudah Anda tanda tangani. Nantinya, orang yang mewakili Anda harus menunjukkan surat kuasa tersebut ke polisi.

3.     Membuat Kartu ATM Baru

Setelah mengantongi surat kehilangan dari kepolisian, Anda bisa mengajukan pembuatan kartu ATM baru ke bank penerbit. Bawa juga berkas pendukung lainnya berupa KTP dan juga buku tabungan. Nantinya, Anda akan diarahkan ke pihak Customer Service untuk mengurusnya.

Jika Anda menyadari bahwa kartu ATM telah hilang, segera ikuti beberapa cara mengatasi kartu ATM hilang di atas agar rekening Anda tidak dikuras oleh pihak yang tak bertanggung jawab.

Related Posts

Cara Mengatasi Kartu ATM Hilang
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.