Selasa, 07 Januari 2020

Memaksimalkan Pemanfaatan Kayu Trembesi

Jika sudah mengatahui kelebihan dan kekurangan kayu trembesi, ada baiknya jangan sesekali mengabaikan poin-poin kekurangannya dalam membuat furniture, karena apabila mengabaikan satu poin saja, furniture yang dihasilkan tidak akan sempurna. Karena kayu trembesi tergolong jenis kayu grade 3 dimana dari segi kekuatan dan keawetan tidak sebanding dengan kayu mahoni yang berada pada grade 2 apalagi dengan kayu jati yang berada di grade pertama, jelas-jelas berbeda jauh.



Makanya apabila dalam pembuatan furniture bahan baku utamanya dari kayu trembesi membutuhkan treatment khusus, agar furniture yang dihasilkan memiliki kualitas yang baik, dari segi kekuatan dan keawetan. Dikarenakan pemanfaatan utamanya adalah sebagai bahan baku pembuatan furniture, biasanya furniture yang dibuat adalah untuk pengisi didalam rungan (indoor) salah satunya adalah meja makan trembesi yang laris manis dipasaran, bahkan meja makan ini banyak yang telah di ekspor ke luar negeri karena permintaan dari luar pun cukup tinggi tak kalah dengan permintaan dalam negeri.

Meja makan trembesi jika di dalam negeri lebih banyak dipesan oleh para pelaku usaha makanan seperti kafe dan resto yang mengusung tema nature, alam, serta klasik. Bagi mereka meja makan dari kayu trembesi ini mampu memperkuat konsep suasana yang diusung.Selain itu corak kayu trembesi memiliki nilai seni yang tinggi, perpaduan warnanya pun sangat elegan ada coklat tua, coklat muda, putih gading, dan sedikit kehitam-hitaman.

Agar pemanfaatan meja yang terbuat dari kayu trembesi ini memiliki umur ekonomis yang panjang, ada baiknya anda tidak mengabaikan beberapa hal dibawah ini :

  1. Seketika langsung dibersihkan bila terkena tumpahan air dengan lap yang mudah menyerap air
  2. Bersihkan meja setiap hari menggunakan kemoceng
  3. Karena tidak tahan cuaca ekstrim, penempatan meja makan baiknya dalam ruang makan berkonsep indoor saja.
  4. Jika dibutuhkan berikanlah olesan obat cairan kimia yang berfungsi sebagai pertahanan terhadap jamur dan anti rayap yang biasanya mudah menyerang furniture kayu yang cepat membuat lapuk.

Related Posts

Memaksimalkan Pemanfaatan Kayu Trembesi
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.