Sabtu, 14 Maret 2020

Keunikan Jakarta Sebagai Ibu Kota Negara


Jakarta selain sebagai ibu kota Negara Indonesia juga mendapat julukan kota metropolitan terbesar di Indonesia. Jakarta juga merupakan kota yang bersejarah dimana sejumlah fakta dan kisah menarik selama masa perjuangan hadir di sana. Dibalik hiruk pikuk dan kekhususan yang dimiliki oleh Jakarta, tersimpan banyak hal unik yang berkaitan dengan Jakarta.



Berbagai Keunikan Jakarta
1.     Perubahan Nama
Dalam kurun waktu sejak tahun 1527 telah terjadi 13 kali pergantian nama sebelum pada akhirnya sah menjadi nama Jakarta. Hal ini berkaitan dengan kondisi peperangan dan masuknya bangsa asing ke Jakarta. Hadirnya bangsa asing yang menjajah Indonesia turut andil dalam perubahan nama yang terjadi.
2.     Memiliki 47 Museum
Sebagai kota sejarah tentu tidak lepas dari adanya museum yang menyimpan sejarah. Jakarta saat ini memiliki 47 museum yang tersebar di beberapa wilayah. Museum-museum ini menyimpan peninggalan sejarah yang lengkap dan patut dikunjungi.
3.     Kota dengan Penduduk Terpadat di Indonesia
Tidak bisa dipungkiri bahwa Jakarta adalah magnet bagi orang-orang untuk datang kesana. Hal ini berkaitan dengan pekerjaan, pendidikan dan lain sebagaianya. Hal ini membuat Jakarta menjadi sesak dan populasi yang semakin meningkat. Bahkan saat ini Jakarta menjadi kota dengan jumlah penduduk paling banyak di Indonesia.
4.     Kota dengan Lalu Lintas Terpadat di Dunia
Imbas dari banyaknya penduduk yang berada di Jakarta adalah semakin padatnya arus lalu lintas. Jalanan dipenuhi dengan kendaraan umum, pribadi, sepeda motor dan aneka moda transportasi darat lainnya. Dapat Anda lihat bahwa Jakarta setiap harinya selalu terjadi kemacetan.
5.     Memiliki Jumlah Mall Paling Banyak di Dunia
Hal unik lainnya adalah Jakarta ternyata memiliki mall paling banyak didunia. Sebagai kota metropolitan memang hal yang wajar jika memiliki pusat perbelanjaan atau hiburan di beberapa wilayah. Beragam mall yang ada di Jakarta ini bisa juga sebagai wisata yang menarik pengunjung untuk datang ke sana.

Jakarta dengan fungsinya sebagai Ibu Kota Negara Republik Indonesia menjadi pusat pemerintahan dan pusat perekonomian Indonesia. hal tersebut membuat Jakarta berkembang pesat. Perkembangan ini juga membawa dampak akan melonjaknya penduduk di pemprov DKI yang semakin hari semakin bertambah. Namun bagaimanapun Jakarta tetaplah Daerah Khusus Ibu Kota Indonesia.

Related Posts

Keunikan Jakarta Sebagai Ibu Kota Negara
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.