Kamis, 23 April 2020

Cara Cek Ram HP Samsung Paling Gampang


Kapasitas Ram dalam suatu smartphone memengaruhi cepat atau tidaknya performa dari smartphone itu sendiri. Semakin cepat performa dari suatu smartphone menunjukkan bahwa besaran kapasitasnya juga besar. Pun begitu sebaliknya. Terlebih keberadaan Ram ini memiliki peran yang sangat krusial akan managemen memori pada saat adanya kegiatan multitasking ataupun gaming.


Setiap HP samsung memiliki ram dengan spesifikasi kapasitas yang berbeda antara satu dan lainnya. Performa dari sebuah smartphone pun sebenarnya tidak melulu berpatok pada kinerja Ram, tapi juga GPU, processor, hingga memori internalnya. Lalu bagaimana cara cek ram yang paling mudah untuk dilakukan?

Cara Cek Ram pada Ponsel Samsung

Terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan untuk memeriksa ram dari suatu smartphone. Anda dapat memeriksanya melalui fitur asli Samsung secara langsung ataupun menginstal suatu aplikasi pembantu yang dapat menunjukkan data terkait pemakaian dan kapasitas dari ram secara keseluruhan. Untuk lebih jelasnya, berikut ini ialah ulasan lengkapnya.


1.     Buka Menu Setting
Dilansir dari berbagai sumber yang telah dikumpulkan oleh hpsamsung.com, langkah pertama untuk memeriksa kapasitas ram di ponsel samsung secara manual adalah dengan membuka menu Setting.

2.     Device Care
Setelah itu, Anda bisa memilih opsi device care atau perawat perangkat sesuai dengan menu yang ditampilkan layar smartphone Anda.

3.     Pilih Memory
Pada device care, terdapat beberapa menu yang ditampilkan. Ialah Storage, Battery, Memory, dan juga Security. Untuk memeriksa ram dari HP samsung, Anda bisa memilih opsi Memory.

4.     Cek Kapasitas Ram
Setelah memilih opsi Memory, Anda akan disajikan data terkait dengan kapasitas total ram dan penggunaan beserta sisa kapasitasnya. Jikalau sisa kapasitas memori yang dimiliki tinggal sedikit, maka Anda bisa memilih opsi Clean Now.

Selain menggunakan cara manual, Anda juga bisa menggunakan bantuan dari aplikasi gratis yang bisa diperoleh melalui instalasi dari Google Play Store. Misalnya saja CPU-Z atau Memory Booster ataupun jenis aplikasi lainnya yang bisa membantu Anda memeriksa kapasitas memori ram.

Jika Anda menggunakan aplikasi pembantu, maka cara cek ram pun dapat dilakukan secara lebih cepat dan juga mudah tentunya. Bagaimana menurut Anda? Cukup menarik bukan?

Related Posts

Cara Cek Ram HP Samsung Paling Gampang
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.