Minggu, 09 Oktober 2022

Cara Perawatan Printer di Windows 10

Cara Perawatan Printer di Windows 10


Pada dasarnya printer menjadi salah satu alat yang dibutuhkan saat sekarang. Ini membantu berbagai macam aktivitas sehari-hari salah satunya mencetak laporan maupun dokumen lainnya. Akan tetapi alat satu tersebut rentan terhadap kerusakan. Tapi jangan khawatir ada  cara perawatan printer di Windows 10 yang benar.

Cara Perawatan Printer Semua Merek di Windows 10

Pada dasarnya terdapat berbagai macam jenis printer yang dijual di pasaran. Sekalipun berkualitas apabila tidak dilakukan perawatan dengan tepat bisa menyebabkan satu ini mudah mengalami kerusakan. Dikutip dari situs digihackaction.id terdapat beberapa tips jitu perawatan printer yaitu:

1.     Secara Rutin Menggunakan Printer

Cara perawatan printer pertama adalah dengan rutin menggunakan printer. Hal ini karena di dalamnya terdapat banyak sekali sparepart yang berfungsi untuk menggerakkan semua komponen lainnya.

Apabila sering digunakan maka bisa membuat printer semakin lancar dalam bekerja. Hal ini karena pelumas yang terdapat di dalamnya akan bekerja secara maksimal. Jika tidak dipakai maka akan membuat bagian pelumas menjadi kering.

2.     Pemilihan Tinta Printer yang Tepat

Salah satu faktor penyebab rusaknya printer juga disebabkan karena kerusakan pada bagian catridge dan head printer. Oleh karena itu, para penggunanya harus memilih tinta yang tepat untuk menjaga keawetan dari perangkat satu ini.

Setiap merk tinta dijual juga memiliki kekentalan bervariasi. Itulah mengapa sangat penting untuk memastikan memakai tinta dengan kualitas serta karakter yang cocok dengan printer supaya menghindari dari kerusakan.

3.     Dilarang Mencetak dalam Jumlah Banyak Sekaligus

Pada dasarnya salah satu cara perawatan printer dengan tidak mencetak terlalu banyak dalam sekali pakai. Anda harus memberikan ruang istirahat untuk gear printer dalam melakukan proses pendinginan.

Mungkin Anda bisa mencetak setiap 10-20 lembar dalam sekali menggunakannya. Ini akan menjaga suhu pada gear printer tidak panas serta melakukan cleaning otomatis. Hasil cetakannya pun juga akan lebih jelas serta detail.

Itulah tadi beberapa cara perawatan printer di Windows 10 yang tepat. Anda perlu melakukannya mengingat perangkat satu ini sering mengalami kendala. Dengan begitu, printer akan awet dalam waktu lama dan bisa bekerja dengan lancar.

Related Posts

Cara Perawatan Printer di Windows 10
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.