Kamis, 21 Mei 2020

Hukum Melaksanakan Umroh Bagi yang Belum Haji


Anda mungkin sering melihat orang melaksanakan umroh namun belum melaksanakan ibadah haji. Bagaimanakah hukum orang yang berangkat umroh namun belum pernah haji sebelumnya. Pertanyaan ini sering ditanyakan di Hasuna Tour sebagai biro umroh Jogja dari para calon jamaah. Menurut Islam ibadah haji termasuk rukun Islam dimana wajib bagi yang mampu. Hukum ibadah umroh ini bisa ditinjau dari beberapa sumber sahih.


Hukum Umroh Sebelum Haji

1.     Menurut Al Quran
·       Pada potongan ayat surat Al Baqarah ayah 166 yang artinya “Dan sempurnakan ibadah haji dan umroh hanya karena Allah Ta’ala”. Firman Allah ini menunjukkan bahwa haji adalah ibadah yang harus lebih didahulukan daripada ibadah umroh.

·       Menurut QS Ali-Imron pada ayat 97 juga menjelaskan bahwa ibadah haji adalah ibadah prioritas bagi umat muslim apabila telah mempu. Pengertian mampu disini adalah seseorang yang mampu baik secara fisik,finansial dan juga mental.

2.     Secara Umum
·       Beberapa ulama menjelaskan bahwa umroh hukumnya juga wajib bagi yang mampu. Walaupun ibadah haji adalah yang utama namun tidak ada larangan yang menjelaskan bahwa orang yang akan beribadah umroh harus melaksanakan haji terlebih dahulu. Apalagi untuk saat ini antrian haji semakin panjang dan memakan waktu bertahun-tahun sehingga membuat beberapa orang khawatir tidak bisa berhaji.

·        Haji dan umroh dapat di kerjakan bersama-sama dengan memilih cara haji tamattu’ atau qiran. Pada haji tamattu’ adalah menjalankan umroh terlebih dahulu setelah itu baru melaksanakan ibadah haji. Sedangkan untuk haji qiran adalah gabungan dari haji dan umrah sekaligus dalam satu kali ibadah. 

·      Boleh melaksanakan umroh sebelum haji namun hal ini bukan berarti menggugurkan kewajiban untuk menunaikan haji ketika mampu. Kewajiban untuk berhaji tetap melekat pada setiap diri umat muslim hingga mampu untuk menunaikannya.

Lamanya masa menunggu atau antrian untuk menjalankan haji membuat beberapa orang memilih menunaikan ibadah umroh terlebih dahulu. Anda boleh menjalankan umroh walaupun belum berhaji. Konsultasikan dan ikuti informasi lebih lanjut tentang ibadah umroh tersebut di Hasuna Tour Haji dan Umroh. Anda bisa mendapatkan bimbingan tentang ibadah umroh secara benar.

Related Posts

Hukum Melaksanakan Umroh Bagi yang Belum Haji
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.