Jumat, 29 Mei 2020

Tata Cara Sholat Jenazah Sesuai Sunnah


Tata Cara Sholat Jenazah - Salah satu hal yang harus dilakukan oleh umat islam adalah melaksanakan sholat jenazah. Hukum pelaksanaan dari sholat jenazah ini adalah fardlu kifayah. Hal ini berarti sholat ini wajib dilaksanakan oleh minimal satu orang saja. Jika tidak dilakukan maka orang-orang yang berada di lingkungan jenazah tersebut akan mendapatkan dosa.

Tata Cara Sholat Jenazah

Tata Cara Sholat Jenazah Sesuai Sunnah

Sebenarnya tata cara pelaksanaan sholat jenazah memiliki kemiripan dengan tata cara pelaksanaan sholat ghaib. Hanya saja sholat jenazah dilakukan di depan jenazah, sedangkan sholat ghaib bisa dilakukan dari tempat yang jauh. Adapun tata cara sholat yang harus diperhatikan sebelum melakukan sholat jenazah antara lain adalah:

1. Posisi Jenazah
Posisi jenazah haruslah diperhatikan sebelum melaksanakan sholat jenazah adalah posisi dari imam sholat. Posisi imam untuk sholat jenazah laki-laki tentu saja berbeda dari jenazah perempuan. Apabila yang disholatkan merupakan jenazah laki-laki, maka imam harus berdiri sejajar dengan kepala jenazah. Namun jika perempuan, maka posisi imam berdiri sejajar dengan perut jenazah.

2. Bacaan Sholat
Adapun bacaan sholat untuk pelaksanaan sholat jenazah hampir sama dengan pelaksanaan sholat ghaib. Adapun bacaan sholat jenazah antara lain adalah:

1. Niat
Niat sholat jenazah biasanya dilafalkan sebelum takbiratul ikhram ataupun pada saat takbiratul ikhram. Niat ini biasanya dilafalkan dari dalam hati. Adapun bacaan niat untuk sholat jenazah adalah:
Niat untuk jenazah laki-laki

 اُصَلِّى عَلَى هَذَا الْمَيِّتِ اَرْبَعَ تَكْبِيرَاتٍ فَرْضَ الْكِفَايَةِ مَأْمُوْمًا/إِمَامًا ِللهِ تَعَالَى

Niat untuk jenazah perempuan

اُصَلِّى عَلَى هَذِهِ الْمَيِّتَةِ اَرْبَعَ تَكْبِيرَاتٍ فَرْضَ الْكِفَايَةِ مَأْمُوْمًا/إِمَامًا

2. Bacaan Setelah Takbir Pertama
Setelah melakukan takbir pertama, maka Anda dapat membaca surah Al-Fatihah. Bacalah surah Al-Fatihah dan sesuai dengan tajwid.

3. Bacaan Setelah Takbir Kedua
Setelah membaca surah Al-Fatihah, lakukan kembali takbir sambil mengangkat kedua tangan selebar bahu. Setelah takbir tersebut, bacalah shalawat nabi dengan lafaz:

اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ، وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ

4. Bacaan setelah Takbir Ketiga
Setelah membaca shalawat nabi, langkah selanjutnya adalah takbir untuk ketiga kalinya. Setelah takbir, bacalah doa untuk jenazah dengan lafaz:

اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لَهُ وَارْحَمْهُ وَعَافِهِ وَاعْفُ عَنْهُ       untuk jenazah laki-laki

اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لَهاَ وَارْحَمْهاَ وَعَافِهَا وَاعْفُ عَنْهاَ    untuk jenazah perempuan

5. Bacaan Setelah Takbir Keempat
Takbir ini merupakan takbir terakhir dari sholat jenazah. Setelah takbir ini Anda juga kembali harus membaca doa untuk jenazah yang disholatkan, baru kemudian salam. Adapun doa yang dibaca adalah:

اللَّهُمَّ لاَتَحرِمْنَا أَجْرَهُ ولاَتَفْتِنّاَ بَعْدَهُ وَاغْفِرْ لَناَ وَ لَهُ           bagi jenazah laki-laki

اللَّهُمَّ لاَتَحرِمْنَا أَجْرَهاَ ولاَتَفْتِنّاَ بَعْدَهاَ وَاغْفِرْ لَناَ وَ لَهاَ        bagi jenazah perempuan

Jika ada orang yang meninggal di lingkungan Anda maka haruslah disholatkan Melaksanakan sholat jenazah merupakan amalan yang wajib bagi umat muslim.

Related Posts

Tata Cara Sholat Jenazah Sesuai Sunnah
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.