Rabu, 03 Juni 2020

Cara Pemasangan Marmer Lantai Kamar Mandi


Orang-orang yang hidup di negara tropis seperti Indonesia ini mengidamkan lantai marmer untuk kesan dingin di dalam kamar mandi. Tak sedikit orang membeli marmer tulungagung murah untuk dijadikan lantai karena memiliki varian corak yang banyak. Oleh sebab itu, tak ada salahnya jika Anda menyimak cara pemasangan marmer lantai kamar mandi pada artikel berikut ini.

cara pemasangan lantai marmer kamar mandi


1.   Menyiapkan Peralatan
Sebelum memulai proses pemasangan marmer pada lantai, Anda harus melakukan persiapan alat dan bahan yang diperlukan. Anda juga perlu menyiapkan alat keamanan seperti masker, kacamata pelindung, dan sarung tangan.

2.   Membersihkan Lantai
Setelah alat dan bahan disiapkan, anda perlu membersihkan permukaan lantai dengan cara menyapu atau bahkan mengepelnya. Anda harus menunggu lantai dalam keadaan benar-benar kering untuk melangkah ke tahap selanjutnya.

3.   Memeriksa Permukaan Lantai
Anda harus memastikan permukaan lantai benar-benar rata agar marmer bisa terpasang dengan baik. Selain itu, permukaan lantai yang rata juga akan meminimalisir kerusakan dan terjadinya pecah pada marmer.

4.   Mengecek Kondisi Marmer
Anda juga harus memastikan bahwa kondisi marmer dalam keadaan bagus dan tidak ada retakan atau pun goresan. Jika terdapat kerusakan, Anda bisa menukarnya di tempat pembelian misalnya toko bangunan atau pabrik marmer yang memberikan garansi.

5.   Menggambar Pola
Anda perlu merencanakan gambar pola pada kertas untuk pemasangan marmer sesuai selera.

6.   Menentukan Titik Pusat Pola
Setelah gambar rancangan selesai dibuat, Anda bisa menerapkannya pada lantai yang sebenarnya. Namun, Anda perlu menentukan titik pusat polanya terlebih dahulu dengan menggunakan tali berkapur.

7.   Melapisi Plester Perekat
Sebelum memasang marmer, Anda perlu melapisi lantai dengan plester perekat lalu ratakan agar hasil pemasangan terlihat rapi.

8.   Memasang Marmer
Anda hanya memiliki waktu sekitar 10 menit sejak lantai dilapisi plester perekat. Sehingga Anda harus merekatkan plester dan memasang marmernya satu demi satu.

9.   Memberi Pemisah Antar Marmer
Jarak antar marmer harus diberi celah sehingga tidak menempel satu sama lain. Anda bisa menggunakan alat khusus untuk memisahkan marmer agar jaraknya sama, kemudian diamkan selama 1 hingga 2 hari sampai kering.

10. Mengisi Nat dan Finishing
Setelah marmer benar-benar kering, Anda bisa melapisinya dengan lapisan sesuai selera. Lalu, yang terakhir Anda harus mengisi nat pada celah-celah marmer.

Memasang marmer pada lantai kamar mandi terbilang tidak sulit jika mengetahui caranya. Langkah-langkah pemasangan di atas bisa Anda terapkan tanpa perlu risau lagi.

Related Posts

Cara Pemasangan Marmer Lantai Kamar Mandi
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.