Memilih blog sebagai media promosi bisnis
memang menggiurkan, apalagi kalau melihat derasnya untung yang mengalir pada
orang yang lebih dulu sukses ngeblog.
Tapi memang perlu strategi hebat jika ingin menjadikannya ladang uang, salah
satunya dengan menerapkan strategi promosi yang tepat. Bagaimana strateginya?
Konten Bagus
Dilansir dari Saungwriter.com konten yang bagus itu bukan saja tampilan menariknya,
tapi lebih kepada struktur yang rapi mulai dari judul, sub judul hingga isinya.
Jadi siapapun yang membaca mudah mengerti, dan merasakan bahwa konten tersebut
bermanfaat. Untuk melakukannya tak salah jika “intip” konten blog orang sukses
dan melihat pola konten yang mereka buat.
Bila perlu editlah konten yang sudah ada
menjadi lebih menarik walaupun tak mengubah isi, karena akan sangat berdampak
pada tingkat kunjungan ke blog tersebut.
Gabunglah Dengan Komunitas
Jangan hanya menunggu orang mengunjungi blog,
cobalah untuk bergabung dalam berbagai komunitas yang ada di media sosial. Cari
yang setipe dengan blog yang sedang dipromosikan, kemudian lihat bagaimana
mereka berpromosi, agar bisa diterapkan pada blog sendiri. Karena berdasarkan
penelitian, komunitas jadi media paling cepat menaikkan rating konten sebuah blog.
Komentar di Blog Orang Hebat
Percaya atau tidak, berkomunikasi dan promosi
di blog orang hebat yang sudah punya banyak pengikut adalah cara promosi hebat.
Cobalah untuk komentar di blog mereka dengan menyisipkan link dari blog yang sedang dipromosikan.
Contohnya berkomentar pada sebuah konten blogger ternama di bidang kuliner yang
sesuai dengan tema blog yang akan dipromosikan. Kemudian ketik juga konten blog
yang setipe dengan konten mereka. Tunggu beberapa saat sebelum kunjungan ke
blog meningkat.
Media Sosial Jadi Sarana Pendukung
Cobalah untuk ikut dalam grup media sosial yang
sesuai dengan niche blog, kemudian
promosikan disana sesuai aturan yang diberlakukan admin grup tersebut. Kemudian
tinggal menunggu feedback dari
anggota forum yang curious dengan
blog dan berkunjung untuk melihat isi blog tersebut.
Manfaatkan Instastories
Bagi yang punya instagram jangan hanya
menggunakannya untuk update status
saja, tapi manfaatkan juga sebagai media promosi blog. Caranya dengan membuat insta
stories tentang konten blog atau menyisipkan link blog. Hal ini berkaca
pada antusias masyarakat yang menggunakan Instagram, tercatat hingga tahun lalu
saja penggunanya sudah mencapai 60 juta lebih di Indonesia dan ratusan juta di
dunia.
Jadi semakin sering promo di Instagram akan
semakin besar peluang membuat blog dikenal dan memberikan keuntungan sesuai
harapan.
Beriklan di Media Sosial
Memang untuk blogger pemula akan berpikir dua kali untuk promosi berbagai
melalui paid ads yang ada di media
sosial. Tapi kalau dilihat dari peran iklan tergolong sangat luar biasa, dalam
mendongkrak popularitas sebuah blog. Dan usus punya usut seperti informasi dari
saungwriter.com tak perlu biaya besar untuk memanfaatkannya.
Apalagi kalau menggunakan platform yang sudah terkenal, seperti Instagram, Google, atau
Facebook dimana iklan akan jadi lebih efektif karena pengunjungnya mendominasi
media sosial yang lain.
Pakai Medium
Sebagai salah satu platform jurnalistik yang sedang naik daun, Medium bisa memberikan
pengaruh positif bagi perkembangan sebuah blog. Selain promosi juga bisa
mencari backlink dengan kualitas
tinggi untuk meningkatkan kualitas blog. Bahkan untuk masuk halaman pertama platform Google peluangnya jadi terbuka sangat lebar.
Demikianlah informasi penting tentang tujuh
strategi yang bisa dilakukan untuk mempromosikan konten blog. Hanya butuh
ketekunan untuk melakukannya secara kontinu, agar hasilnya bisa memberi dampak positif
bagi blog. Jangan hanya melakukan satu strategi tapi cobalah untuk melakukan
semua dengan cara bersamaan, lalu lihatlah hasil fantastisnya.
7 Strategi Mempromosikan Konten Blog Anti Gagal
4/
5
Oleh
Jonathan