Selasa, 25 Januari 2022

Tujuan Menggunakan Jasa Audit Keungan

Mungkin Anda yang sudah bergelut dalam suatu perusahaan atau jenis usaha, tidak akan asing lagi dengan nama jasa audit keuangan. Merupakan salah satu aspek penting dan dibutuhkan oleh seluruh badan usaha untuk membuat sebuah laporan keuangan. Lalu apa tujuan sebenarnya?

Tujuan Menggunakan Layanan Jasa Audit Keuangan

Tentu segala hal yang dilakukan di dunia ini memiliki tujuan. Tak terkecuali adanya audit laporan beserta jasanya. Membantu para pelaku usaha dalam mengecek laporan keuangan perusahaannya agar sesuai peraturan dan kebijakan pemerintah. Berikut ini tiga tujuan audit laporan keuangan itu!

1.      Menambah Kredibilitas Keuangan

Tujuan dibuatnya audit keuangan adalah untuk menambah kredibilitas posisi keuangan dan kinerja bisnis yang sedang dilaporkan. Komisi sekuritas dan Bursa mensyaratkan bahwa semua entitas yang dimiliki publik harus mengajukan laporan tahunan dengan yang diaudit.

Demikian pula ketika memberikan pinjaman yang mana harus menyertakan sebuah audit atas laporan keuangan entitas mana pun. Laporan itu wajib mencakup segala bentuk pinjaman yang diberikan kepada orang atau badan usaha apapun dan memang membutuhkan sebuah laporan.

2.      Meyakinkan Investor dan Kreditor

Pemasok mungkin juga memerlukan laporan keuangan yang diaudit sebelum bersedia memberikan kredit perdagangan atau bagi investor untuk memberikan pinjaman pada badan usaha Anda. Hal ini berlaku meskipun umumnya hanya jika jumlah kredit yang diminta cukup besar dari biasanya.

Laporan auditor harus menyertai laporan keuangan ketika diterbitkan kepada penerima yang dituju. Jasa audit adalah proses pemeriksaan laporan keuangan dan catatan audit yang dimiliki oleh perusahaan, organisasi, atau sebuah badan usaha.

3.      Merencanakan, Mengendalikan, Mencatat

Tugas-tugas para jasa audit laporan keuangan adalah merencanakan, mengendalikan, mencatat setiap pekerjaannya. Mereka juga dipastikan sudah memahami sistem akuntansi yang digunakan dalam proses pembuatan data tersebut.

Laporan tersebut sudah disusun dan dilakukan secara sistematis oleh pihak Independen untuk memberikan pendapat atas kewajaran dalam pelaporan keuangan badan usaha tersebut. Jasa audit laporan keuangan juga memberikan informasi yang kredibel juga valid bagi investor maupun kreditor.

Itulah tujuan dibuatnya jasa audit keuangan yang dibutuhkan untuk membuat laporan oleh setiap perusahaan atau badan usaha guna melihat tingkat kewajaran keuangan. Tidak perlu khawatir salah, karena Anda bisa menikmati pelayanan jasa audit laporan keuangan dengan terpercaya dan mudah.

Related Posts

Tujuan Menggunakan Jasa Audit Keungan
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.